Konsep TP-ATP dalam Implementasi Kurikulum Mandiri – Dalam Kurikulum Mandiri terdapat 3 hal penting sebelum membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), yaitu Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), Hasil Belajar (CP), dan Tujuan Pembelajaran (TP).
Dalam pembuatan konsep AT-ATP harus diperhatikan urutan kaidah pembelajaran (materi prasyarat) agar siswa terhindar dari kebuntuan atau salah konsep. Isi materi dalam TP – ATP disusun secara rasional sesuai dengan perkembangan peserta didik dan alokasi waktu disesuaikan dengan kalender pendidikan nasional
Konsep Tujuan Pembelajaran
Tujuan Pembelajaran (TP) adalah gambaran pencapaian tiga aspek kompetensi, yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperoleh siswa dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran, disusun secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu yang merupakan prasyarat menuju CP. .
Secara operasional komponen Tujuan Pembelajaran dapat memuat 2 aspek sebagai berikut:
1. Kompetensi adalah kemampuan yang dapat ditunjukkan oleh siswa atau diaktualisasikan dalam bentuk produk atau unjuk kerja (abstrak dan konkrit) yang menunjukkan siswa telah berhasil mencapai tujuan pembelajaran.
2. Konten, yaitu pengetahuan inti atau konsep utama yang diperoleh siswa melalui pemahaman selama proses pembelajaran di akhir satu unit pembelajaran.
Konsep Alur Tujuan Pembelajaran
Learning Flow (AP) merupakan rangkaian tujuan pembelajaran yang disusun secara sistematis dan logis dalam keseluruhan fase dan sesuai dengan urutan pembelajaran dari awal hingga akhir suatu fase. Alur ini disusun secara linier dalam urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari untuk mengukur CP.
Alur tujuan pembelajaran disusun bersama dengan pendukung Profil Mahasiswa Pancasila. Pelajar Indonesia diharapkan menjadi pelajar sepanjang hayat yang mampu berkompeten dan berkarakter sesuai dengan nilai-nilai pancasila. Melalui profil mahasiswa pancasila diharapkan mahasiswa memiliki akhlak mulia sesuai dengan tujuan dan cita-cita pancasila.
Alur Pembelajaran disusun sebagai panduan atau rangkaian tujuan pembelajaran bagi guru dan siswa dari awal hingga akhir setiap fase dari Learning Outcome (CP). Perlu dicatat bahwa ada dua poin utama dari alur pembelajaran.
Halaman selanjutnya
jika prestasi belajar…