Katalis Fundamental Emas Pekan Ini : FOMC

Home - Katalis Fundamental Emas Pekan Ini : FOMC
  • Category:
    Berita
  • Tag:
    Gold, Emas, Trijaya News, Trijaya Pratama Futures, PT Trijaya Pratama, FOMC, Jerome Powell, The Fed
14 Sept 2020 113

Katalis Fundamental Emas Pekan Ini : FOMC

Trijaya Pratama Futures, Jakarta - Harga emas ditutup pada level US$ 1941.87 atau menguat 0.46% dibandingkan harga penutupan minggu sebelumnya. Emas bergerak volatil setelah Bank Sentral Eropa (ECB) tak memberikan sinyal konkrit terkait stimulus lebih lanjut untuk Eropa.

Akan tetapi, menurunnya prospek pemulihan ekonomi global dan meningkatnya ekspektasi inflasi imbas dari stimulus bank sentral The Fed serta kasus penyebaran Covid-19 di dunia yang tambah mengkhawatirkan bisa menjadi dorongan buat emas untuk tetap di jalur untuk naik secara mingguan.

Untuk minggu ini, perhatian para pelaku pasar dan investor akan tertuju pada rapat FOMC yang akan diadakan The Fed pada hari Kamis, 17 September pukul 01:00 dini hari dilanjutkan dengan konferensi pers 30 menit sesudahnya. The Fed akan mengumumkan kebijakan moneternya dalam FOMC meeting kali ini untuk membahas inflasi.

Pada FOMC 29-30 Juli sebelumnya, Ketua The Fed, Jerome Powell mengisyaratkan bahwa bank sentral akan membiarkan inflasi untuk bergerak lebih tinggi. Inflasi yang tinggi di sini mengindikasikan rencana The Fed untuk tetap memberikan stimulus tambahan guna mencapai target inflasi 2%. Langkah stimulus tambahan ini akan berdampak positif terhadap emas.

Tensi geopolitik dan perang dagang antara AS dan China yang sudah berlangsung 2 tahun dengan makin memanas lagi akhir-akhir ini juga harus diperhatikan pelaku pasar. Pertempuran di segala lini dari dua negara ini membuat ekonomi global mengalami perlambatan yang nyata. Emas mendapat dorongan untuk tetap naik berkat hal ini.

Adapun yang bisa menekan kenaikan emas adalah pengembangan vaksin Covid-19 yang lagi dikebut banyak negara dunia yang akan membangkitkan harapan semua orang untuk memerangi pandemi yang semakin merajalela. Vaksin yang resmi dan ampuh tentunya mendukung risk appetite investor dan harapan untuk mampu mengangkat aset-aset keuangan yang berisiko seperti saham dan menekan harga aset-aset safe haven seperti emas.

Baca Juga : Emas Naik Pasca Rilis ECB

RELATED POST

16 Sept 2020 97 dibaca
Trijaya Pratama Futures, Jakarta - Emas masih bergerak dengan volatilitas tinggi jelang FOMC pa...
15 Sept 2020 135 dibaca
Trijaya Pratama Futures, Jakarta - Harga emas melesat naik pada perdagangan hari ini, Selasa 15 Sept...
11 Sept 2020 152 dibaca
Trijaya Pratama Futures, Jakarta - Emas mengalami kenaikan mencapai harga tertinggi 1966.44 set...

RECENT POST

News Global 16 September 2020...

16 Sept 2020

Volatilitas Emas Masih Tinggi Jelang FOMC Pagi Nan...

16 Sept 2020

News Indonesia & Internasional 15 September 2020...

15 Sept 2020

Jelang FOMC, Emas Naik Akibat Pelemahan Dolar AS...

15 Sept 2020

News Indonesia & Internasional 14 September 2020...

14 Sept 2020