Emas Stabil Dan Cenderung Bearish, Pelaku Pasar Soroti Statement ECB Minggu Ini

Home - Emas Stabil Dan Cenderung Bearish, Pelaku Pasar Soroti Statement ECB Minggu Ini
  • Category:
    Berita
  • Tag:
    Gold, Emas, Trijaya News, Trijaya Pratama Futures, PT Trijaya Pratama
08 Sept 2020 137

Emas Stabil Dan Cenderung Bearish, Pelaku Pasar Soroti Statement ECB Minggu Ini

Trijaya Pratama Futures, Jakarta - 2 hari pertama awal pekan ini, Emas bergerak cukup stabil di kisaran $1,920 - $1.930 an. Namun bila dibandingkan dengan harga penutupan minggu sebelumnya, Harga emas melemah sekitar 1.6%. Pelemahan Emas itu disebabkan oleh Rebound Dolar AS akibat membaiknya data ekonomi AS.

Ketidakpastian ekonomi global akibat pandemi Covid-19 yang menahan harga emas sehingga tidak turun drastis. Data Non Farm Payrolls, Angka Pengangguran AS dan Pendapatan Rata-Rata per Jam di AS yang membaik dan sesuai ekspetasi pada jumat lalu memang berdampak bagi mata uang AS itu untuk menguat dan melemahkan logam mulia untuk saat ini.

Pelaku pasar dan investor akan memusatkan perhatian dan menyoroti kebijakan European Central Bank (ECB) pada Kamis, 10 September 2020 minggu ini pada jam 19:30 WIB. Pelaku pasar akan mencermati apakah bank sentral Eropa tersebut akan mengucurkan stimulus tambahan untuk menaikkan inflasi dan meredam penguatan mata uang Euro yang signifikan saat ini. Emas memiliki kemungkinan untuk melemah lebih rendah lagi dari kisaran harga saat ini.

Sentimen pelaku pasar kini sedikit berubah terhadap emas. Hasil survei mingguan yang dilakukan Kitco pada akhir pekan lalu menunjukkan para analis di Wall Street kini mayoritas memprediksi emas melemah atau bearish untuk minggu ini. Hasil ini berbanding terbalik dengan hasil minggu sebelumnya yang memprediksi emas akan menguat atau bullish. Sikap ini bukan tanpa alasan, Ekspansi sektor manufaktur AS yang meningkat dan membaiknya pasar tenaga kerja AS serta menurunnya tingkat pengangguran yang memunculkan harapan perekonomian AS akan bisa segera bangkit akibat terpuruk karena pandemi Covid-19 menyebabkan sentimen terhadap emas kini berubah dan memprediksi setidaknya emas akan turun untuk pekan ini.

Hasil survei yang dilansir dari kitco.com akhir pekan lalu memperlihatkan bahwa sekitar 40% analis Wall Street memperkirakan minggu ini emas akan bearish, 27% bullish, dan 33% sideways atau netral.

Baca Juga : Emas Bergerak Volatil, Peluang Untuk Buy on Dip

RELATED POST

13 Oct 2020 17 dibaca
Trijaya Pratama Futures, Jakarta - Harga emas dunia sempat melesat hingga level US$ 1.933 pada ...
08 Oct 2020 30 dibaca
Trijaya Pratama Futures, Jakarta - Setelah keputusan mengejutkan presiden AS Donald Trump untuk...
16 Sept 2020 138 dibaca
Trijaya Pratama Futures, Jakarta - Emas masih bergerak dengan volatilitas tinggi jelang FOMC pa...

RECENT POST

Sempat Melesat Hingga Level US$ 1.933, Emas Tergel...

13 Oct 2020

Trump Bermanuver Lagi, Emas Hentikan Penurunan...

08 Oct 2020

News Global 16 September 2020...

16 Sept 2020

Volatilitas Emas Masih Tinggi Jelang FOMC Pagi Nan...

16 Sept 2020

News Indonesia & Internasional 15 September 2020...

15 Sept 2020