Informasi Terkini dan Terupdate

Contoh Teks Eksplanasi Singkat & Menarik Beserta Strukturnya


Untuk kamu yang suka sekali membaca gitu, pastinya kamu mengetahui kan ya kalau sekarang ini terdapat banyak sekali jenis teks. Kali ini, puncak-media.com akan memberikan ke kamu salah satu jenis teks, yaitu contoh teks eksplanasi. Kamu pasti ingin mengetahuinya juga kan ya?

Untuk menemukan banyak jenis teks, kita tidak perlu lagi lho ya menggunakan buku-buku untuk sekarang ini. Karena kamu sudah bisa menemukan berbagai jenis teksnya ini di media digital. Dengan menggunakan media digital, tentunya kita akan bisa menemukan berbagai jenis atau hal yang ingin kita ketahui.

Tidak tentang teks saja sih ya sebenarnya karena kan nantinya kamu akan bertemu dengan berbagai macam informasi mulai dari berita terupdate sampai hal-hal yang baru lainnya deh ya. Namun, kali ini untuk kamu yang sudah masuk ke artikel kami, pastinya kamu ingin mencari tahu tentang teks eksplanasi kan?

Kalau memang seperti itu, kamu akan bisa melihat contoh-contoh dan juga pembahasan yang penting lainnya tentang teks eksplanasi ini. Bagaimana kamu semakin penasaran kan tentang teksnya ini? Jika kamu penasaran, langsung simak pembahasan lanjutnya saja yuk.

Apa Sih Teks Eksplanasi Ini?

contoh-teks-eksplanasi

Siapa nih yang memang belum mengetahui pengertian dari teks eksplanasi? Kalau kamu memang salah satu orang yang belum tahu dan juga belum paham tentang pengertian dari teks eksplanasi, maka kamu bisa simak pembahasannya yuk. Pada bagian yang satu ini kamu akan dapatkan pembahasannya ya.

Jadi, teks eksplanasi ini merupakan salah satu teks yang berisi rentetan peristiwa yang terjadi. Atau dengan kata lain teks eksplanasi ini berisi alasan atau metode yang ada tentang peristiwa yang terjadi tersebut. Tentunya dari kejadian atau peristiwa yang terjadi akan selalu ada kaitannya dengan hubungan sebab-akibat, ya.

Peristiwa yang dimaksud ini adalah berbagai macam peristiwa yang terjadi di sekitar kita. Mulai dari peristiwa bencana alam, pengetahuan, sosial, budaya dan juga hal-hal lainnya deh. Jadi, kan ada beberapa orang yang mengira kalau peristiwa ini hanya bencana alam saja gitu, ya.

Ternyata tidak, kamu nantinya akan bisa menggunakan banyak dan berbagai macam peristiwa yang terjadi di sekitaran kita, gitu. Teks eksplanasi ini juga ditulis dengan tujuan untuk menggambarkan suatu proses terjadinya peristiwa gitu. Dalam teksnya tersebut, kamu harus memperhatikan dan memberikan semua kejadian yang terjadi tersebut.

Jadi, rentetan peristiwanya ini tidak boleh ada yang terlewatkan gitu, ya. Karena kan nantinya pembaca dari teks eksplanasi ini diharapkan akan bisa mendapatkan dan mengumpulkan informasi-informasi yang ada di dalam teksnya tersebut. Jadi bagaimana kamu sudah paham kan?

Baca Juga :  Update Heboh Video Channel Rahma Rahayu Production ES Campur Viral Twitter

Oya, kamu juga bisa lho membuat teks eksplanasi kamu sendiri, jadi kamu nantinya akan bisa langsung saja menyimak beberapa pembahasan yang selanjutnya ini. Penting sekali lho pembahasan yang selanjutnya ini. Apalagi untuk kamu yang memang ingin menciptakan teks eksplanasi kamu sendiri.

Oleh karena itu, jangan sampai kamu melewatkan pembahasan yang ada di bawah ini, ya. Jangan sampai kamu lewatkan karena nantinya akan ketinggalan dan kurang informasi tentang teks eksplanasi ini deh, ya.

Beberapa Jenis Teks Eksplanasi yang Biasa Digunakan

contoh-teks-eksplanasi

Kalau di atas tadi, kami sudah katakan jika jenis teks ini banyak sekali. Nah, kali ini kami juga akan berikan informasinya ke kamu kalau jenis teks eksplanasi ini juga terdapat beberapa jenis gitu. Jadi, buat kamu yang kebingungan, mari kita simak pembahasannya.

Memang sih ya mungkin yang selama ini kamu ketahui teks eksplanasi ini hanya memiliki satu jenis saja gitu.Yap, hanya memiliki satu jenis, yaitu teks eksplanasi sendiri. Namun, teks eksplanasi ini juga dibagi menjadi beberapa jenis lagi lho ya. Jadi, teks eksplanasi ini dibagi menjadi 4 jenis.

Di keempat jenisnya ini memiliki beberapa hal yang berbeda gitu. Mungkin ada karakteristik atau bagian yang berbeda gitu lho ya. Untuk itu, supaya kamu mengetahuinya kita simak pembahasannya di bawah ini, ya. Karena dengan menyimak pembahasannya nanti kamu akan bisa memahami jenis-jenisnya deh. Simak yuk.

Teks Eksplanasi Teoritis

Jenis yang pertama ini merupakan teks eksplanasi teoritis yang mana jenis satu ini merupakan salah satu jenis yang menggambarkan atau mengandung spekulasi sendiri tentang terjadinya fenomena alam gitu. Seperti saja teks tentang gunung merapi yang meletus dan dampak dari bencana alam tersebut akan menghadirkan bencana yang lebih seram lagi, gitu.

Teks Eksplanasi Sequential

Jika kamu melihat jenis teks eksplanasi sequential ini maka nantinya kamu akan dapatkan deretan peristiwa yang sangat panjang dan juga detail. Yap, jadi jenis teks eksplanasi sequential ini adalah jenis teks yang akan memberikan tahapan-tahapan terjadinya suatu peristiwa secara runtut gitu.

Biasanya teks eksplanasi yang satu ini digunakan untuk menuliskan teks yang mengandung tema biologi gitu lho. Seperti saja membahas tentang urutan dari daur hidup makanan, ya. Kan pastinya harus ditulis secara rinci dan tidak boleh ada yang tertinggal satu pun.

Teks Eksplanasi Kausal

Kalau jenis teks eksplanasi kausal ini adalah jenis teks yang akan bisa kamu temukan dengan mudah. Dimana teks eksplanasi jenis satu ini mengandung penjelasan yang mana disini menjelaskan tentang sebab dari sesuatunya secara bertahap gitu. Jadi, akan ada tahapan dari sesuatunya, ya.

Baca Juga :  Download PicsArt Pro Mod APK 20.4.2 (Full Unlocked) 2022

Seperti saja teks yang menjelaskan tentang terjadinya bencana alam longsor. Kan di dalam teks tersebut, nantinya akan dijelaskan secara rinci tentang bagaimana kejadian longsor itu bisa terjadi, ya.

Teks Eksplanasi Faktorial

Terakhir, kamu akan bisa menemukan teks eksplanasi faktorial dimana jenis teks ini akan memberikan ke kamu teks yang memberikan penjelasan tentang konsekuensi atau dampak yang terjadi dari suatu proses yang ada. Iya, jadi kamu akan mendapatkan banyak penjelasan tentang dampak dari suatu proses yang pernah terjadi gitu lho.

Seperti teks tentang penjajahan, dimana nantinya akan ada banyak sekali proses-proses yang dilakukan dan memberikan dampak setelah prosesnya tersebut terjadi. Paham kan penjelasan yang sudah diberikan ini? Kalau memang seperti itu, langsung masuk ke pembahasan tentang struktur, ya.

Struktur Umum yang Dimiliki Teks Eksplanasi

contoh-teks-eksplanasi

Di dalam teks eksplanasi ini nantinya kamu akan bisa mendapatkan berbagai macam struktur yang ada. Jadi, kalau kamu ingin membuat teks eksplanasi, nantinya kamu akan bisa membuatnya dengan struktur-struktur yang ada gitu lho. Kamu akan bisa langsung membuat teksnya berdasarkan struktur.

Karena kan memang ya sesuatu hal itu harus ada strukturnya, kalau tidak, bagaimana ingin menjadikan suatu kesatuan yang utuh. Untuk itu, di bawah ini kami akan berikan ke kamu pembahasan tentang struktur yang ada di dalam teks eksplanasi, ya. Simak sekarang yuk.

Judul

Untuk membuat suatu teks, pastilah akan tersedia judul di dalamnya. Ingin membuat apapun judul merupakan salah satu hal yang penting untuk disematkan gitu lho. Sama halnya di dalam teks eksplanasi ini, nantinya kamu harus memiliki judul. Untuk penulisan judul di teks eksplanasi, kamu harus gunakan poinnya saja, jangan terlalu panjang.

Pernyataan Umum

Kedua, kamu akan bisa menuliskan pernyataan umum gitu. Jadi, kalau kamu menuliskan teks eksplanasi, kamu akan bisa menggunakan pernyataan umum di paragrafnya awalnya. Untuk membuat pernyataan umum kamu bisa menggunakan pembahasan yang sangat sederhana, ya. Bisa mengenai apapun deh yang menjadi pembukanya.

Menjelaskan Hubungan Sebab Akibat

Jadi, di dalam teks eksplanasi ini hal yang paling penting dan juga ada di dalamnya ini adalah hubungan sebab dan akibatnya. Jadi, dalam teks yang satu ini nantinya kamu akan bisa menjelaskan bagaimana peristiwa tersebut bisa terjadi. Lalu, kamu bisa jelaskan dampak yang disebabkan apa. Kemudian, kamu bisa memberikan solusi terhadap peristiwa yang terjadi. Gitu.

Interpretasi

Kalau struktur yang terakhir ini adalah struktur interpretasi dimana di bagian yang satu ini, nantinya si penulis bisa menuangkan pandangannya terhadap peristiwa yang terjadi, ya. Namun, untuk penulisannya nanti kamu harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar serta hindari pengguna bahasa daerah, ya. Tujuannya supaya semua pembaca bisa mengerti.

Baca Juga :  Higgs Domino RP Panda APK Download Terbaru 2022

Ciri Khusus yang Dimiliki Teks Eksplanasi

Sebelum melanjutkan ke pembahasan yang selanjutnya, kami juga akan berikan ke kamu pembahasan tentang ciri khususnya gitu. Jadi, di dalam teks eksplanasi, nantinya kamu akan bisa bertemu dengan ciri khusus yang dimiliki. Tentunya ciri-ciri yang ada akan membedakan dari satu ciri ke ciri yang lainnya deh. Ingin tahu kan pastinya dengan cirinya apa saja? Simak yuk pembahasannya.

  • Teks eksplanasi ini bersifat fakta, jadi teksnya ini memang ditulis berdasarkan fakta-fakta yang ada.
  • Di dalam teksnya ini tidak memiliki sifat persuasif, ya.
  • Jenis teks yang dimiliki juga sangat jelas, jadi tidak membingungkan pembaca.
  • Di dalam teks biasanya terdapat penanda urutan.

Contoh Teks Eksplanasi Beserta Strukturnya + File Word .Docx

Gempa Bumi

Gempa bumi merupakan salah satu fenomena alam yang disebabkan oleh pergeseran suatu lempengan bumi yang terletak di dasar permukaan bumi. Fenomena alam gempa bumi ini sering ditemukan atau sering terjadi di daerah pegunungan. Seperti, di dekat gunung berapi yang aktif, daerah yang dekat dengan gunung berapa dan lainnya. Selain disebabkan oleh pergeseran lempengan bumi, gempa juga bisa disebabkan oleh letusan gunung berapi.

Gempa bumi ini akan terjadi dalam waktu yang sangat cepat dan jika sudah terjadi maka nantinya akan memberikan dampak yang sangat besar untuk masyarakat. Getaran yang disebabkan oleh gempa bumi biasanya disebut dengan getaran seismik. Nah, getaran seismik ini dapat meratakan seluruh benda yang ada di atas permukaan bumi. Fenomena ini memiliki dua jenis, yaitu gempa vulkanik dan gempa tektonik.

Jenis gempa yang ada merupakan jenis gempa yang dibedakan berdasarkan penyebab terjadinya gempa. Kalau gempa vulkanik terjadi karena letusan dari gunung berapi. Dimana letusan yang terjadi ini akan sangat besar dan menyebabkan guncangan di daerah sekitarnya. Sedangkan, gempa tektonik ini terjadi akibat pergeseran lempeng bumi. Kan, bumi kita terdiri dari lapisan-lapisan, ya. Namun, gempa yang sering terjadi ini adalah jenis gempa tektonik daripada gempa jenis vulkanik.  

Download teks eksplanasi dengan bentuk file docx –> Download Disini

Baca Artikel yang Serupa :



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *