Informasi Terkini dan Terupdate

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Selama Pandemi


Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Selama Pandemi – Situs web menggunakan cookie untuk memberi Anda situs web yang mudah digunakan, aman, dan efisien. Pengaturan cookie browser Anda biasanya diatur ke “Izinkan semua cookie”. Jika Anda terus menelusuri situs web ini, Anda menyetujuinya. Silakan kunjungi kebijakan privasi kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang kebijakan privasi dan cookie kami

Penyakit coronavirus (COVID-19) menyebar semakin banyak orang di Indonesia. Untuk mencegah penyebaran virus corona, Anda perlu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Lakukan cara-cara berikut untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda terhadap penyakit.

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Selama Pandemi

Jumlah kasus baru virus corona (COVID-19) di Indonesia semakin hari semakin bertambah. Hingga 7 Mei 2020, tercatat 12.776 pasien terinfeksi virus corona, mengakibatkan 930 kematian, sedangkan 2.381 dinyatakan sembuh. Data ini terus berkembang dari waktu ke waktu.

Langkah Tetap Sehat Saat Puasa Ditengah Pandemi Covid 19

Peningkatan kasus COVID-19 disebabkan oleh coronavirus atau penyakit pernapasan parah coronavirus 2 (SARS COV-2), yang mudah menyebar ke manusia melalui berbagai perantara. Virus corona dapat menyebar dari orang yang terinfeksi melalui kontak kulit ke kulit, seperti berjabat tangan, mencium pipi, atau saling menyentuh.

Virus corona yang menempel pada berbagai benda seperti gagang pintu, tangga, kertas, meja, sendok dan kotak juga dapat menular ke manusia jika benda tersebut disentuh kemudian tangan menyentuh wajah.

Namun virus corona juga seperti virus pada umumnya, yang hanya menyerang saat daya tahan tubuh Anda lemah. Lakukan cara-cara berikut untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda untuk melawan infeksi virus corona.

Jangan biarkan berita coronavirus atau konten media sosial menyebabkan stres terus-menerus. Stres menyebabkan peningkatan hormon kortisol, yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Pandemi Second Wave

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan masyarakat untuk membaca informasi terpercaya terkait COVID-19, seperti situs web pemerintah Covid19.co.id atau situs web WHO. Waktu bermain di media sosial juga dibatasi karena banyak konten palsu terkait virus corona.

Kurang tidur menyebabkan kelelahan dan kelesuan serta melemahkan daya tahan tubuh. Namun, terlalu banyak tidur juga membuat tubuh tidak aktif dan menurunkan stamina.

Kunci untuk mendapatkan istirahat yang cukup adalah kuantitas dan kualitas. Orang dewasa membutuhkan 7-8 jam sehari untuk istirahat, remaja dan anak-anak 9-10 jam.

Berhenti merokok sekarang untuk mengurangi risiko virus corona. Karena merokok dapat menyebabkan penyakit paru-paru seperti bronkitis dan pneumonia. Ya, virus corona juga mempengaruhi sistem pernapasan.

Saat Traveling, Protokol Kesehatan Ketat Paling Wajib Dilakukan

Pada saat yang sama, minum alkohol melemahkan sistem kekebalan tubuh. Pecandu alkohol memiliki konsentrasi dan sistem kekebalan yang rendah.

Baca Juga :  Tutorial Daftar Bpjs Kesehatan Online

Pola hidup dengan olahraga teratur sangat penting untuk kesehatan tubuh. Olahraga membuat jantung bekerja lebih cepat dan darah lebih mudah mengalir, sehingga dapat membakar lemak tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Orang membutuhkan setidaknya 150 menit seminggu. Berolahraga secara teratur setiap hari atau setiap hari, tidak seminggu sekali.

Mengkonsumsi vitamin dan suplemen dapat menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Namun lebih baik mengonsumsi vitamin langsung dari sumbernya daripada mengonsumsi vitamin olahan dalam bentuk tablet, pil atau minuman.

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh

Seperti vitamin C yang bermanfaat untuk stamina, dapat ditemukan pada buah jeruk dan stroberi, tetapi juga pada bayam, paprika merah, dan brokoli. Vitamin A dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengandung antioksidan yang menetralisir radikal bebas yang terdapat pada wortel, labu kuning dan kentang.

Anda juga harus minum minuman yang mengandung energi seperti jahe merah, kunyit dan temulawak. Jahe merah dapat menjaga tubuh tetap hangat dan mencegah bakteri berbahaya.

Kunyit dapat mencegah hilangnya nafsu makan, diare, perut kembung. Dalam kasus temulawak, kurkumin seperti zat anti-inflamasi yang mencegah peradangan, misalnya di tenggorokan. Perlu dicatat bahwa sebelum virus corona menyerang sistem pernapasan, virus tetap berada di tenggorokan hingga empat atau lima hari.

Jangan terlalu lama berada di suhu dingin. Karena saat tubuh kedinginan, daya tahan tubuh menurun, sehingga mudah diserang virus.

Cara Meningkatkan Imunitas Di Masa Pandemi

Dalam situasi ini, jangan biarkan hujan di malam hari atau mandi tanpa menggunakan air panas. Kemudian gunakan pakaian tebal atau jaket di ruangan yang dingin.

Lebih dari 60% tubuh adalah air. Menurut WHO, orang dewasa harus minum sekitar 8 gelas atau 2 liter air. Anda harus minum lebih banyak air jika Anda melakukan aktivitas ekstrem seperti berolahraga atau saat cuaca panas. Malnutrisi menyebabkan dehidrasi. Ketika Anda mengalami dehidrasi, tubuh Anda menjadi lebih cepat lelah, sistem kekebalan Anda melemah, dan Anda lebih rentan terhadap virus.

Ingatlah bahwa tidak ada obat untuk virus corona. Selain meningkatkan stamina, sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan melakukan physical distancing. Semoga kita semua sehat dan terhindar dari penyebaran virus corona.

Ini memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan pada tahun 1981. Saat ini, Indonesia hadir di perusahaan asuransi umum, asuransi jiwa, kesehatan, dana pensiun dan asuransi syariah dengan dukungan lebih dari karyawan. 1.400 dan lebih dari 20.000 penjualan serta didukung oleh jaringan mitra bank dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.

Baca Juga :  Apa Yang Dimaksud Dengan Erp

Menghadapi Musim Hujan Di Saat Pandemi

Apakah Anda baru menikah dan sedang mencari asuransi kesehatan yang tepat? Jika demikian, rencana Anda tepat untuk mencari asuransi keluarga yang dapat melindungi seluruh anggota keluarga tercinta. Karena keluarga adalah harta berharga yang dimiliki setiap orang. Oleh karena itu, setiap orang benar-benar akan berusaha untuk memastikan bahwa orang yang mereka cintai mendapatkan perawatan kesehatan terbaik selama sakit, untuk menghancurkan zat asing yang masuk ke dalam tubuh, seperti bakteri atau virus. Menjaga sistem kekebalan tubuh penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Masa pandemi saat ini menuntut kita untuk senantiasa memperkuat daya tahan tubuh agar kita tidak mudah terserang penyakit khususnya Covid-19.

Ada banyak cara kita bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh kita, ini tentu saja gaya hidup sehat. Berikut adalah beberapa cara kita dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

Di website Alodokter dijelaskan bahwa olahraga teratur 30 menit sehari atau minimal 3-5 kali seminggu bisa membuat tubuh kita sehat. Pilih aktivitas yang mudah dilakukan dan sesuai dengan kemampuan kita di masa wabah, seperti jalan kaki, jogging, bersepeda. Menurut ahli gizi Lenny Jusup (2010), berolahraga di bawah sinar matahari pagi adalah menghirup udara segar. Jika ingin menjauh dari keramaian, Anda bisa berolahraga di rumah.

Sistem kekebalan tubuh kita membutuhkan pola makan yang teratur, bervariasi dan seimbang. Menurut situs Alodokter, utamakan makanan yang kaya protein, vitamin, mineral dan antioksidan. Makanan yang bisa kita makan adalah buah-buahan, sayuran, ikan, telur, susu, daging, biji-bijian dan kacang-kacangan. Menurut Tot Sudarg, ahli gizi Universitas Gadjah Mada (UGM), penting juga untuk membatasi gula, garam, dan lemak sesuai anjuran untuk meningkatkan ketahanan energi.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata Di Era Dominasi Penggunaan Gadget

Tidur yang cukup setiap hari sama pentingnya dengan makan makanan bergizi. Kurang tidur dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan membuat tubuh lebih rentan terhadap infeksi. Diambil dari situs Alodokter, orang dewasa umumnya membutuhkan waktu tidur 7-9 jam per hari, sedangkan anak-anak dan remaja membutuhkan waktu tidur 8-10 jam per hari.

Menurut Lenny Jusup (2010), stres adalah sumber penyakit. Stres yang tidak terkontrol dapat menyebabkan perubahan fisik yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Kelola tingkat stres Anda dengan mengetahui hal atau aktivitas apa yang dapat membantu Anda merasa lebih baik.

Baca Juga :  Tes Kesehatan Mental Anak - PUNCAK MEDIA

Vitamin D adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.Dikutip dari situs Alodokter, hasil penelitian menunjukkan bahwa sinar matahari dapat merangsang produksi vitamin D. Oleh karena itu, berjemurlah minimal 3 kali seminggu selama 10-15 menit, pada pukul 08:00-10:00 pagi.

Kebersihan makanan harus diperhatikan mulai dari pembersihan, produksi, termasuk peralatan makan dan air minum untuk meningkatkan daya tahan dan kesehatan (Lenny Jusup, 2010).

Pandemi Belum Usai, Jangan Sampai Kita Lalai, Yuk Terus Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Dan Mental

Makanan hangat dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan memperbaiki selaput lendir yang memisahkan dinding sistem pernapasan. Sebaliknya, makanan dan minuman dingin merangsang produksi lendir dan dapat mempengaruhi sistem pernapasan serta menurunkan daya tahan tubuh (Lenny Jusup, 2010).

Dalam lifebuoy.co.id, menjaga kebersihan diri berarti membersihkan diri seperti mandi, gosok gigi, cuci rambut, cuci tangan, ganti baju. Risiko penularan dari orang lain, baik melalui kontak langsung maupun tidak langsung, dapat dikurangi dengan menjaga kebersihan diri. Website Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menjelaskan bahwa prevalensi mikroorganisme di lingkungan membantu membentuk pola perkembangan respon sistem imun, yang diyakini mempengaruhi penyebaran penyakit infeksi dan metabolik. penyakit. Jaga kebersihan lingkungan untuk mengurangi risiko kuman.

Faktor lingkungan memainkan peran penting dalam pengembangan komponen sistem kekebalan, terutama yang bertanggung jawab untuk perlindungan jangka panjang organisme. Kemampuan faktor lingkungan untuk menghilangkannya lebih spesifik dan permanen.

Pola makan kita sehari-hari adalah elemen terpenting yang membentuk diri kita. Makanan tinggi lemak dan gula cenderung membanjiri sistem kekebalan tubuh, sehingga rentan terhadap kerusakan dan penyakit.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental

Usia memang mempengaruhi kapasitas sistem kekebalan tubuh. Sel-sel kekebalan berada pada fungsi puncaknya di masa dewasa. Penuaan sel-sel ini akan mengurangi fungsinya, termasuk produksi protein yang bekerja untuk melawan infeksi.

Individu yang terkena rentan terhadap infeksi virus. Penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan peradangan hati dapat meningkatkan prevalensi penyakit.

Kelas obat tertentu, seperti kortikosteroid, dapat mengurangi kemampuan sistem kekebalan tubuh kita untuk melindungi dirinya sendiri. Penggunaan jangka panjang obat ini dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh. (IN M)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *