Informasi Terkini dan Terupdate
Bokeh  

Cara Upload Lagu di Youtube Tanpa Copyright Asli Berhasil


puncak-media.com – Cara upload lagu di Youtube tanpa copyright bisa kalian pelajari pada ulasan artikel ini, karena kami disini akan membahas dengan lengkap mengenai supaya lagu yang di upload pada channel youtube tidak kena hak cipta.

Hal yang menjadi kendala yang sering dirasakan oleh konten kreator baik para pemula maupun para youtuber terkenal pun adalah terkena yang namanya copyright strike.

Youtube sendiri memberikan peraturan yang ketat terkait dengan copyright strike ini mengingat banyak terjadi kejahatan berupa pencurian konten. Sehingga dengan adanya copyright konten yang sudah dibuat oleh para konten creator menjadi lebih aman.

Dalam membuat video atau upload lagu di youtube selain adanya sofeware edit video, kalian juga harus memiliki bahan lainnya seperti video atau audio yang bagus agar hasil video kalian bagus. Tentunya tetap saja ada hal yang harus anda perhatikan.

Anda tidak bisa seenaknya saja menggunakan yang namanya aku

Namun banyak juga yang menggunakan video atau audio berhak cipta tanpa izin sebagai jalan pintas, sehingga akibatnya sering terkena masalah copyright.

Sebelum artikel ini mengulas tentang cara upload lagu di youtube tanpa copyright, kalian harus tahu dulu perihal syarat mengupload lagu ke youtube tanpa melanggar hak cipta.

Syarat Upload Lagu Di Youtube Tanpa Copyright

Sebelum melkakukan upload lagu di akun youtube kalian, maka pastikan sebelumnya kaian memperoleh license (izin) dari pencipta atau pemegang hak cipta, yaitu

1. Lisensi atas hak mekanikal (mechanical rights)

Mechanical right ini adalah hak dalam mereproduksi, mengadakan termasuk dalam hal mengaransemen ulang serta merekam sebuah komposisi lagu pada saat rekaman, media lain dan CD.

2. Hak mengumumkan (performing right)

Performing right adalah hak dalam mengumumkan suatu lagu, termasuk perihal memainkan, menyanyikan baik berupa rekaman atau dipanggung secara langsung, lewat radio serta televisi, konser live, internet dan lainnya.

Cara Upload Lagu di Youtube Tanpa Copyright

Cara Upload Lagu di Youtube Tanpa Copyright

1. Melakukan monetisasi

Sebelum melakaukan upload lagu ke youtube maka kalian harus melakukan monetisasi terlebih dahulu. Dalam situs resmi support google dijelaskan bahwa konten kreator yang bergabung dalam program partner youtube dapat berbagi hasil dengan memnuhi syarat.

Serta lagu yang diupload diklaim oleh pembuat atau penerbit musik, maka kalian akan mandapat pemasukan untuk video lagu yang dihitung secara rata.

Cara untuk mengetahui video lagu kalian memenuhi syarat untuk monetisasi adalah jika dalam halaman video di youtube studio kalian menampilkan sebagai berikut:

  • Klaim hak cipta di kolom Batasan
  • Status monetisasi video ditetapkan ke nonaktif
  • Teks floating yang menampilkan bahwa video memenuhi syarat untuk berbagi hasil iklan. Setelah itu kalian dapat melihat informasi di halaman info hak cipta video dan email notif yang masuk ke akun email kalian

2. Penggunaan Video atau Musik yang Orisinil

Jangan sampai kalian melakukan upload lagu dari pemakaian materi ber hak cipta, yang nantinya kalian akan berisiko terkena masalah, meskipun ada fitur klausal fair use atau penggunaan wajar, tapi kalian harus benar-benar memahami fair use secara teknis.

Yang sering dilakuakn oleh pemula youtuber atau konten kreator adalah mengambil gamar dari google dan dipasang di thumbnail, jika yang kalian lakukan ketahuan oleh pemilik gambar atau foto kalian bisa kena klaim. Jadi dalam mengupload lagu di youtube kalian harus menggunakan musik yang orisinal agar terhindar dari copyright.

3. Tidak Memasukan Brand Perusahaan Komersial

Mengupload lagu di youtube agar terhindar dari copyright maka kalian perlu memperhatikan untuk tidak memasang logo di thumbnailmu misalnya dari label Sony, Samsung dan lainnya maka dipastikan kalian akan terkena masalah nantinya.

Selain itu kalian harus menghindari dalam menggunakan nama, brand, logo atau yang bersifat kekayaan intelektuan dalam video kalian, karena jika hal demikian kalian gunakan dalam video jadi jangan heran kalian akan terkena hak cipta nantinya.

Alangkah baiknya kalian menggunakan logo resmi yang kalian buat sendiri tanpa mengandung brand orang lain yang sudah ada.

4. Jangan menggunakan lagu yang berisi hak cipta

Yotube memiliki teknologi yang disebut dengan KontenID yang fungsinya bisa secara otomatis mendeteksi audio. Bahkan ada kasus karena menggunakan lagu yang berisi hak cipta jadi iklanya dihapus dan itu sangat mempengaruhi pendapatan kalian. Untuk menghindari itu maka kalian perlu menggunakan backsound dari youtube saja atau cari musik di free copyright, yang memudahkan kalian dalam mengupload lagi di youtube tanpa copyright.

5. Jangan melakukan reupload

Bagi kalian yang sering melakukan reupload atau mengupload ulang video orang lain meskipun melakukan editing pada video tersebut, dengan kecanggihan yang dimiliki yotube dengan mudah akan menemukan konten duplikasi dan yang melanggar copyright atau hak cipta. Maka jangan sekali-kai mencoba untuk mengupload ulang video orang lain.

6. Pahami fair use

Fair use atau penggunaan yang wajar adalah sebuah prinsip dalam dunia konten kreator yang menjadi batas toleransi kalian dalam mengambil karya orang lain dan memasukkan video orang lain ke video kalian tanpa izin terlebih dahulu. Fair use dapat digunakan dengan maksimal 30 detik dengan syarat sebagai berikut:

  • Apakah karya yang kalian ambil telah memiliki hak cipta sebelumnya
  • Efek dari penggunaan terhadap potensi komerisal nilai dari karya yang kalian ambil
  • Harus menghasilkan video dengan desain video yang baru
  • Tujuan dan karakter penggunaan, misalnya kalian membuat video dengan tujuan komersial atau Pendidikan nonprofit dan lainnya
  • Berapa jumlah dan substansialitas dari video yang kalian gunakan

7. Jangan melakukan pembelian subscriber dan viewer secara curang

Kemajuan popularitas dari akaun youtube kalian atau social media kalian pasti dilihat dari subscriber atau viewer, sehingga banyak diantara para youtuber atau konten kreator melakukan banyak cara untuk meningkatkan popularitasnya.

Jangan sampai tergiur dengan hoax yang menonton 1 menit aman, pada dasarnya subs to subs atau aktifitas saling subscribe pada channel yotube masing-masing akan memberikan dampak yang tidak aman, yang akan membuat channel kalian rusak dan channel orang lain.

Penutup

Untuk menjadi youtuberr atau konten kreator kalian harus paham alur mainnya sebelumnya agar kedepannya kalian tidak terkena masalah dikemudian hari, semoga ulasan dalam artikel ini yang dikutip dari sivitas.id dapat membantu kalian dalam membuat konten atau dalam mengupload lagu di yotube channel kalian tanpa terkena copyright.



Source link

Baca Juga :  Download Apk Free Fire Tanpa Obb Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *