Informasi Terkini dan Terupdate
Bokeh  

Apa Itu Earth Day 2022 : Pentingnya Menjaga Kelestarian Alam


puncak-media.com – Earth Day atau hari bumi 2022 dirayakan pada hari ini jadi ayok sama sama kita rawat dan jaga bumi kita.

Kamu tahu gak sih kalo setiap tgl 22 April di setiap tahunya di peringati sebagai hari Bumi atau Earth Day Loh guys. Hal ini dilakukan sejak dahulu kala sebagai gerakan sosial lingkungan guna meningkatkan kesadaran manusia terhadap bumi yang kita pijak dan tinggali bersama sama.

Setiap tahunya Hari Bumi atau Earth Day mengusung tema yang berbeda dan tahun ini bertemakan “Invest In Our Planet”. Tentu bukan tanpa maksud dan tujuan didalamnya berisikan kampanye ajakan untuk sama sama merawat dan menjaga kelestarian bumi. Sebagai investasi masa depan untuk anak cucu kita berikutnya.

Isu Lingkungan memang kerap kali menjadi sorotan sejalan dengan kualitas lingkungan bumi kita yang semakin menurun tiap harinya. Untuk itu para ilmuan sampai penggiat lingkungan bersama sama berkolaborasi guna mencari solusi untuk menyelamatkan bumi kita.

Selain tema diatas juga hari bumi atau earth day tahun ini menggunakan sub tema “Nature In The Race To Zero” yang terfokus pada pengurangan emisi gas rumah kaca untuk menjaga suhu global agar tetap di bawah suhu normal 1.5 Drajat Celcius.

Hal ini mejadi tanggung jawab bersama kita semua sebagai makluk yang tinggal di bumi untuk sama sama menjaga dan melestarikan Bumi itu sendiri. Kalau bukan kita siapa lagi dan kalo tidak dari sekarang kapan lagi.

Sejarah Hari Bumi atau Earth Day

Pada sejarah hari bumi atau earth day berisikan kampanye lingkungan yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran manusia betapa petingnya menjaga planet yang kita tinggali ini. Kampanye ini di canangkan pertama kali oleh Senator AS Gaylord Nelson pada tahun 1970. Beliau adalah seorang tenaga pengajar di bidang lingkungan hidup.

Seperti sama sama kita tahu banyaknya pabrik menjulang yang menghasilkan asap dan lumpur yang tak terkontrol. Polusi udara dimana mana namun masih banyak yang belum menyadari betapa berbahayanya bagi kesehatan manusia dalam jangka panjang. Akhirnya pada 1962 Rachel Carson menulis sebuah buku yang berjudulkan Silent Spring yang menyoroti isu lingkungan.

Berawal dari isu lingkungan di amerika ini lah yang menjadi sejarah bahwa Hari bumi atau earth day tercipta.

3 Cara Sederhana Merayakan Earth Day

Hari ini 22 April tepat sebagai Hari bumi atau Earth day yang di peringati setiap tahunya bukan hanya sebatas formalitas dan euforia saja. Tapi ada misi terus berupaya menyelesaikan permasalahan lingkungan hidup.

Selain tema “Invest our Planet” ada juga tagline yang di angkat yakni “For Earth Day 2022 Together, for everyone, everything, everyday”. Tak hanya itu dalam upayanya dalam Situs resmi Earth Day juga membagikan 52 cara memulai kebiasaan hidup sehari hari yang ramah bagi lingkungan.

Kita juga dapat turut berpartisipasi guna menjaga bumi dengan beberapa hal berikut yang bisa kamu lakukan di lingkungan kamu.

1.Menggunakan Peralatan Makan Sendiri

Bagi kamu yang memiliki kebiasaan hidup yang asal yuk sama sama kita lebih perduli sejak dini. Terlebih semenjak pandemi datang kita perlahan menyesuaikan diri untuk mengelola hidup yang baru yang lebih sehat.

Salah satunya dengan menggunakan peralatan makan dan minum sendiri. Hal ini dilakukan guna mengurangi kebiasaan pengguanaan produk sekali pakai yang memungkinkan mencemari lingkungan. Yang tentu berpotensi menambah volume sampah sehari hari.

2.Membuang Sampah Pada Tempatnya

Membuang sampah pada tempatnya adalah kebiasaan dan juga kampanye yang dilakukan bahkan sejak dini. Tidak hanya membuang sampah pada tempatnya akan tetapi dapat memungut sampah saat kita melihat sampah dan juga memilah sampahnya berdasarkan kategorinya.

Hal itu jika di lakukan dari diri kita kemudian di ikuti oleh lingkungan percayalah hal hal besar dimulai dari hal hal kecil yaitu dari diri kita sendiri terlebih dahulu.

3.Bawa Tas Belanja Mandiri

Kantok belanja plastik menjadi momok yang menakutkan karena penggunannya yang banyak setiap harinya memungkinkan sampah plastik akan semakin banyak. Untuk sebagian daerah kota seperti jakarta misalnya sudah memperlakukan larangan penggunaan plastik pada 1 Juli 2020 lalu.

Namun pasti ada saja oknum yang tetap menggunakan dan menawarkan plastik sebagai kantok belanja. Dan untuk mengantisipasi hal itu kita bisa membawa kantok belanja sendiri seperti totebag yang bukan sekali pakai.

Kuis Hari Bumi atau Earth Day Di Google

Kuis Earth Day 2022

Kamu juga bisa mengikuti mini game yang google sediakan dalam merayakan hari bumi kali ini. Didalamnya ada beberapa pertanyaan seputar keseharian kamu yang akan di kalkulasikan. Kalkulasi iitu menjadi gambaran atau perumpamaan karakter yang cocok merespresentatifkan kepribadian kamu loh.

Yuk buruan coba ikutan deh dan lihat hewan apa yang menjadi gambaran karakter kamu. Bagi kamu yang belum tahu bagaimana cara mainya berikut ini kami akan berikan tutorialnya.

  1. Pertama Silakan Buka Google
  2. Kemudian Search Hari Bumi
  3. Setelah itu kamu mulai gamenya
  4. Kamu akan di beri beberapa pertanyaan dengan pilihan yang sudah tersedia
  5. Jika sudah melewati semua pertanyaan itu kamu akan mendapatkan hewan apa yang menggambarkan kepribadian kamu.

Fakta Fakta Memilukan Di Hari Bumi Atau Earth Day

Kerusakan lingkungan yang dihasilkan kebanyakan bukan tercipta secara alami melainkan karena ulah perbuatan manusia yang tidak peduli dengan lingkungan. Salah satu aktifitas manusia yang merusak bumi ialah pengguanan sampah plastik sekali pakai.

Sampah plastik memang menjadi permasalahan yang serius pasalnya dari sampah pastik kamu bisa lihat fakta fakta dibawah ini yang menggambarkan pencemaran plastik bagi lingkungan. Foto foto di bawah ini adalah salah satu buktinya

1.Kuda Laut Pegang Korek Kuping

Kuda laut pegang korek kuping

Fotografer ternama asal Calnifornia memberikan foto yang diambilnya di laut indonesia yakni Pantai Sumbawa Lombok Nusa Tenggara Barat seekor kuda laut yang sedang memegang korek kuping. Sontak dari fotonya menggambarkan bahwa laut sudah terkontaminasi sampah plastik.

Dari foto viral itu indonesia di kecam dan mendapatkan banyak pesan dari seluruh dunia tentang kualitas laut yang indah namun terkontaminasi limbah plastik.

2.40 KG Sampah Plastik di Perut Paus

Paus makan Sampah

Berita soal Paus terdampar dan berisikan sampah plastik didalamnya memag bukan kali pertama. Misalnya saja kemarin Terdapat paus angsa yang terdampar di laut wakatobi dengan isi perut 6 KG sampah plastik. hal ini tentu membuktikan kembali bahwa laut kita sudah tercemar sampah plastik yang merusak ekosstem laut.

Bukan tidak mungkin jika terus terjadi maka paus paus di laut lepas bisa saja punah oleh kita sendiri yang tidak bisa mengurangi sampah platik dan menjaga laut kita.

3.Plastik Rokok dalam Tubuh Ubur

Ubur ubur makan plastik rokok

2016 lalu sekelompok ilmuan dan juga para peneliti lerlibat dalam expedisi aqualitis menjelajah lautan selama 3 tahun lamanya. Yang mencengangkan adalah ilmuan tersebut menemukan ubur ubur yang terdapat plastik di dalam tubuhnya. Foto itu diambil 2016 silam di laut Meditarnia.

Para ilmuan meyakini bahwa ubur ubur tersebut mengira jika sampah plastik itu adalah makanan baginya. hal ini tentu kembali menyita perhatian para penggiat lingkungan betapa memilukanya melihat hewat laut harus memakan plastik. Kerusakan pencemaran ini tentu siapa lagi jika bukan manusia yang membuatnya.

Itulah fakta fakta kerusakan lingkunga yang terjadi selama satu dekade ke belakang. Bahkan nasa merilis dalam youtubnya gambaran bumi kita selama 2 dekade terakhir yang mengalami perubahan yang tadinya hijau menjadi coklat. Dan juga melelehnya es di kutub utara. fenomena fenomena itu justru harusnya membuat kita sadar bepata pentingnya kita merawat bumi dan menjaga kelestarian alam kita.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan seputar hari Bumi atau Earth Day 2022. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua dan sama sama kita sadar untuk sama sama menjaga bumi dan lingkungan kita untuk kelestarian alam kedepannya. Penulis mengucapkan terimakasih dan sampai jumpa di ulasan kami selanjutnya.



Source link

Baca Juga :  (Update) Link Film Bokeh Effect Full dan Video Bokeh Museum Viral Internet New

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *