Informasi Terkini dan Terupdate
Bokeh  

Cara Transfer DANA ke GoPay Terbaru 2022 dan Sebaliknya!


Pakah saldo DANA milikmu melimpah dan ingin mentransfernya ke GoPay? Tenang saja, cara transfer saldo DANA ke GoPay sangat mudah dan cepat. Namun, sebelumnya kamu harus memastikan telah upgrade DANA ke premium terlebih dahulu, agar bisa melakukan transfer saldo.

Ya, DANA memang telah banyak digunakan masyarakat untuk bertransaksi secara online. Berkat aplikasi ini, mereka bisa bertransaksi digital dengan simpel dan mudah, hanya butuh beberapa ketukan saja. Nah, di bawah ini akan dijelaskan apa itu DANA, cara transfer saldo ke GoPay dan informasi bermanfaat lainnya.

Apa itu DANA dan GoPay?

1. Pengertian DANA

Sebelum membahas tentang cara  transfer uang dari DANA ke GoPay, kita akan membahas tenang aplikasi tersebut terlebih dahulu. Jadi, DANA adalah aplikasi e-wallet, yang memungkinkanmu bisa menyimpan uang dan membelanjakannya secara digital.

DANA dikembangkan dengan tujuan untuk memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan mereka di era digital seperti sekarang ini. Ya, sekarang memang era digital, di mana segala hal berubah dari konvensional atau cara lama menjadi digital yang membutuhkan internet.

Ada banyak digitalisasi yang terjadi, terutama soal bagaimana manusia bertransaksi. Jika dulu mereka menggunakan uang tunai untuk membayar belanjaan dan semacamnya, maka sekarang sudah bisa menggunakan metode cashless alias non tunai, salah satunya berkat DANA.

Salah satu fitur menarik dari DANA adalah pengguna bisa mentransfer uang ke rekening bank atau dompet digital lainnya, seperti GoPay, OVO sampai ShopeePay. Jadi, meski tidak punya rekening bank, pengguna tetap bisa bertransaksi secara online, dengan catatan saldo masih tersedia.

Tidak hanya sebagai metode pembayaran dan media untuk transfer uang saja, DANA juga memiliki fitur lainnya yang tidak kalah bermanfaat. Secara singkat, berikut ini adalah beberapa fitur unggulan DANA yang harus kamu tahu :

  • QRIS, pindai untuk membayar.
  • Kirim DANA.
  • Minta DANA.
  • DANA Deals.
  • Voucher A+ Rewards.
  • eMAS, beli dan jual emas di DANA.
  • DANA Goals, menabung untuk berbagai kebutuhan.
  • Bayar tagihan internet dan TV kabel.
  • Beli pulsa dan paket data internet.
  • DANA Points.
  • Tarik Saldo.
  • Bayar Patungan.
  • Transfer dengan Bank.
  • Tarik Tunai.
  • Bayar tagihan (listrik, air, telkom, PGN Gas, Cicilan, Kartu Kredit, Pendidikan, e-Samsat dst).
  • Beli voucher game dan item premium aplikasi.

Jadi, tidak hanya  bermanfaat sebagai dompet digital dan untuk bertransaksi online, ternyata masih banyak fitur bermanfaat lainnya dari DANA. Karena itu, jika kamu ingin menggunakan dompet digital dengan banyak fitur menguntungkan, DANA adalah salah satunya.

2. Pengertian GoPay

Pengertian-GoPay

Selanjutnya kita akan membahas apa itu GoPay, yang merupakan salah satu sub layanan dari GoJek. Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan GoJek, layanan transportasi online yang sangat besar di Indonesia, bahkan Asia Tenggara.

Nah, GoJek ini memiliki banyak layanan, mulai dari GoRide, GoCar, GoSend, GoFood, GoPay dan masih banyak lagi. Sekarang kita akan fokus terhadap salah satu sub layanan mereka, yaitu GoPay, layanan dompet digital yang dimiliki oleh GoJek.

Awalnya, GoPay adalah metode pembayaran yang disediakan GoJek untuk membayar layanan mereka. Jadi, selain bisa bayar transportasi online secara tunai, pengguna juga bisa menggunakan GoPay sebagai metode pembayaran yang cashless.

Selanjutnya GoPay berkembang dan tidak hanya digunakan di GoJek saja, namun telah merambah ke berbagai kebutuhan lainnya. Sederhananya, GoPay telah menjadi layanan dompet digital, yang juga bisa digunakan untuk bertransaksi online dan cashless.

Jadi, kamu bisa membayar belanjaan di marketplace dengan GoPay, misalnya saja di Tokopedia. Kamu juga bisa menggunakan GoPay untuk berlangganan aplikasi premium atau untuk top up item premium di dalam game mobile.

Baca Juga :  Cara Beli Bitcoin Cash di Zipmex Untuk Pemula 2022 Beserta Cara Kerja

Berikut ini fitur dari GoPay selengkapnya :

  • Kirim uang ke rekening bank, sesama GoPay atau ke dompet digital lainnya.
  • Minta uang ke teman.
  • GoPayLater, beli sekarang bayar nanti.
  • Tarik tunai.
  • Bayar tagihan, mulai dari BPJS Kesehatan, IndiHome, listrik, pulsa, paket data, PDAM, internet dan TV Kabel dan masih banyak lagi.

Selain bisa kirim uang ke dompet digital dan rekening bank, GoPay juga bisa menerima uang, termasuk dari DANA. Jadi, temanmu bisa transfer uang ke GoPay, meskipun mereka menggunakan DANA atau aplikasi dompet digital lainnya.

Syarat Transfer DANA ke GoPay 2022

Sebelum kamu transfer uang dari DANA ke rekening bank atau dompet digital (termasuk GoPay), ada beberapa persyaratan yang harus kamu tahu. Mengetahui persyaratan transfer ini sangat penting, agar kamu bisa transfer uang dari DANA menuju GoPay dengan lancar.

Berikut ini adalah beberapa syaratnya :

1. Upgrade Akun DANA ke Premium

Upgrade-Akun-DANA-ke-Premium

Jika kamu ingin transfer uang dari DANA ke rekening bank atau dompet digital, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah upgrade akun DANA ke premium. Tanpa meningkatkan akun DANA, kamu tidak akan bisa menikmati fitur yang sangat bermanfaat ini.

Ya, ketika kamu pertama kali menggunakan DANA, memang bisa menikmati fitur seperti isi saldo, bayar dan lain sebagainya. Namun, kamu butuh untuk upgrade akun DANA agar bisa menggunakan fitur kirim atau transfer.

Jangan khawatir, upgrade ke DANA premium gratis, prosesnya juga sangat mudah. Kamu hanya harus mengunggah foto KTP dan selfie saja. Selanjutnya tunggu sampai pihak DANA menerima permintaanmu, baru setelahnya bisa menikmati fitur kirim atau transfer.

2. Update Aplikasi DANA

Update-Aplikasi-DANA

Syarat transfer DANA ke GoPay berikutnya adalah DANA harus dalam keadaan update. Jadi, sebelum melakukan transfer, harap cek apakah DANA sudah diperbarui di Google Play atau App Store. Jika belum, silakan perbarui aplikasinya terlebih dahulu.

Memang, sebenarnya transfer tetap bisa dilakukan dengan aplikasi versi lama, namun sangat berisiko terjadi error dan bug. Jadi, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan tersebut, sebisa mungkin update aplikasi DANA.

Sebenarnya, jika kamu telah mengatur agar aplikasi diperbarui secara otomatis, akan lebih mudah. Jadi, jika memang sudah tersedia versi terbaru DANA, Android akan langsung memperbaruinya. Jadi, kamu tidak perlu lagi update aplikasi secara manual.

3. Gunakan Koneksi Internet yang Stabil

Gunakan-Koneksi-Internet-yang-Stabil

Memang tidak wajib, namun akan lebih baik jika kamu telah menghubungkan smartphone dengan koneksi internet yang stabil. Jadi, kamu memang butuh internet untuk mengoperasikan DANA atau GoPay, termasuk saat kamu melakukan transfer dengan kedua layanan dompet digital tersebut.

Kenapa penting untuk menggunakan internet yang stabil? Jelas, internet yang stabil membuat proses transaksi dan transfer lancar, jadi tidak akan gagal di tengah jalan. Tentunya, kamu ingin transfer dari DANA ke GoPay atau sebaliknya lancar dalam sekali jalan.

Hal-hal Penting yang Harus Kamu Tahu

Hal-hal-Penting-yang-Harus-Kamu-Tahu

Selain persyaratan transfer di atas, ada hal-hal tidak kalah penting lainnya yang juga harus kamu tahu. Beberapa hal tersebut adalah :

1. Biaya Transfer DANA ke GoPay

Tentunya, ketika kamu ingin transfer dari DANA ke GoPay, ada biaya transfer yang harus  kamu bayar. Berapa sih biaya transfer DANA ke rekening bank atau dompet digital seperti GoPay? Jadi, biaya transfer yang diberlakukan oleh DANA adalah sebesar Rp4.500.

Namun, kamu mendapatkan jatah gratis biaya transfer sebanyak 10 kali dalam satu hari. Setelah kamu menghabiskan jatah transfer gratis tersebut, maka selanjutnya akan dikenakan biaya transfer sebesar Rp4.500.

Baca Juga :  Xxii Xxiii Xxiv 2021 Indonesia Lengkap Full Version Video Bokeh

2. Nominal Minimal yang Dikirim

Kamu juga harus tahu tentang berapa minimal uang yang bisa ditransfer dari DANA ke GoPay. Jadi, minimal uang yang bisa kamu transfer adalah Rp10.000. Setelahnya pastikan saldo DANA mencukupi untuk mentransfer uang, termasuk dengan biaya transfernya.

Lalu, jika Rp10.000 adalah minimal transfer, berapa nominal maksimalnya? Maksimal uang yang bisa kamu transfer adalah Rp1.000.000 dalam satu hari. Sangat banyak dan membantu sekali, khususnya untuk mereka yang sering bertransaksi dalam jumlah yang besar.

3. Akun Pengirim dan Penerima Boleh Sama

Seperti yang kamu tahu, daftar DANA dan GoPay adalah dengan menggunakan nomor handphone yang aktif. Nah, kamu bisa  mengirim DANA ke GoPay dan sebaliknya, meski menggunakan nomor handphone yang sama-sama didaftarkan ke dua dompet digital tersebut.

Jadi, kamu bisa kirim uang ke akunmu sendiri, entah dari DANA maupun GoPay. Misalnya saja saldo DANA masih melimpah, sedangkan saldo GoPay tinggal sedikit, maka bisa langsung transfer. Jauh lebih mudah daripada transfer lewat bank atau minimarket.

Cara Upgrade Akun DANA ke Premium

Cara-Upgrade-Akun-DANA-ke-Premium

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kamu harus upgrade akun DANA ke premium jika ingin menggunakan fitur kirim atau transfer di dalamnya. Jadi, mau tidak mau, jika ingin transfer DANA ke GoPay driver, maka harus upgrade akun DANA ke premium.

Jangan gentar terlebih dahulu ya, meski ada embel-embel premium di dalamnya, namun proses upgrade akun ini tidak membutuhkan biaya sama sekali. Selain itu, proses upgrade akun juga cepat, tidak sampai 5 menit.

Sebelum upgrade akun DANA ke premium, kamu harus menyiapkan satu dokumen penting, yaitu Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang terbaru. Kamu tidak bisa menggunakan KTP lama atau yang sudah tidak berlaku, karena akan langsung ditolak oleh sistem.

Berikut cara upgrade DANA ke premium :

  • Pertama, buka aplikasi DANA.
  • Setelah DANA terbuka, langsung klik Saya di pojok kanan bawah.
  • Selanjutnya klik VERIFIKASI AKUN, terletak di bagian atas, di bawah foto profil.
  • Setelahnya halaman akan beralih ke penjelasan tentang keuntungan apa saja yang didapatkan pengguna dengan upgrade DANA premium.
  • Jika sudah paham dengan semua keuntungannya, klik Upgrade Sekarang.
  • Selanjutnya siapkan KTP di tempat yang jelas dan terang, lalu klik MULAI YUK!
  • Selanjutnya bidik KTP tersebut dengan sempurna.
  • Jika upload KTP sudah beres, klik Mulai untuk mengambil foto selfie.
  • Selanjutnya ambil selfie dengan angle yang presisi, dan kedipkan mata dua kali untuk mengambil selfie.
  • Selanjutnya klik Kirim untuk mengirim foto KTP dan foto selfie.
  • Sekarang tinggal menunggu sampai DANA selesai memproses data tersebut.
  • Jika mereka setuju pengajuanmu, maka akan muncul notifikasi bahwa proses upgrade DANA premium telah berhasil.
  • Selamat, sekarang kamu bisa transfer DANA ke rekening bank dan dompet digital lainnya.

Keuntungan Upgrade DANA Premium

Keuntungan-Upgrade-DANA-Premium

Tidak hanya bisa transfer uang saja, dengan upgrade DANA Premium, kamu juga bisa mendapatkan benefit lainnya, seperti :

  • Pengguna DANA Premium bisa mendapatkan promo khusus, seperti cashback dan diskon, yang bisa mencapai 50%.
  • DANA Protection, menjamin keamanan transaksi digital, ada jaminan uang kembali jika terjadi kendala dalam transaksi dan penyalahgunaan akun.
  • Layanan bantuan customer service 24/7.
  • Tarik tunai saldo DANA, minimal Rp50.000 dan maksimal Rp1.000.000 di minimarket (Alfamart, Alfamidi, DanDan, Lawson sampai Pegadaian).
  • Bisa menyimpan saldo sampai Rp10.000.000.
Baca Juga :  16 Aplikasi Penghasil Saldo DANA Tercepat Terbukti Membayar

Cara Transfer DANA ke GoPay

Cara-Transfer-DANA-ke-GoPay

Cara transfer DANA ke dompet digital seperti GoPay dan rekening bank sangat mudah, asalkan kamu telah memenuhi semua persyaratannya. Langsung saja, berikut bisa kamu simak tutorial transfer uang dari DANA ke GoPay :

  • Pertama, buka DANA di smartphone masing-masing.
  • Setelah DANA terbuka, klik Lihat Semua untuk melihat semua fitur DANA yang tersembunyi.
  • Selanjutnya geser semua layanan yang tersedia, sampai kamu menemukan menu Top Up.
  • Selanjutnya ada dua opsi, Saldo Digital dan E-Money.
  • Untuk kirim DANA ke GoPay, pilih Saldo Digital.
  • Di antaranya banyak pilihan, pilih GoPay. Kamu bisa pilih layanan dompet digital lainnya sesuai dengan kebutuhan.
  • Selanjutnya masukkan nomor HP yang terdaftar di GoPay.
  • Jika sudah, masukkan nominal yang akan dikirimkan, minimal Rp10.000 dan maksimal Rp1.000.000.
  • Selanjutnya cek data sekali lagi, jika semua sudah benar silakan klik Lanjutkan.
  • Selanjutnya klik Konfirmasi lalu pilih BAYAR Rp10.000 (atau nominal lainnya).
  • Selanjutnya masukkan PIN DANA (6 digit angka) yang telah kamu atur sebelumnya.
  • Selesai, sekarang cek nomor GoPay tujuan, pasti ada uang yang masuk dari DANA.

Namun, jika kamu tidak menemukan menu Saldo Digital, masih ada alternatif lain yang bisa kamu lakukan, yaitu seperti di bawah ini :

  • Buka aplikasi DANA di HP.
  • Selanjutnya pilih menu Kirim di bagian atas.
  • Selanjutnya pilih Kirim ke Rekening Bank.
  • Selanjutnya pilih Bank Permata dan masukkan kode Bank Permata + nomor GoPay tujuan, contohnya 898082234345656.
  • Selanjutnya isi kolom nama dengan bebas, opsional.
  • Jika semua kolom sudah terisi, klik Tambah Bank Baru.
  • Selanjutnya masukkan nomor VA atau Virtual Account, atau 898 + nomor GoPay tujuan seperti di atas.
  • Selanjutnya masukkan nominal transfer.
  • Selanjutnya klik Lanjut dan periksa kembali semua data yang kamu masukkan.
  • Jika tidak ada yang salah, pilih Konfirmasi.
  • Kemudian masukkan PIN 6 digit angka DANA untuk verifikasi keamanan.

Cara Transfer GoPay ke DANA

Cara-Transfer-GoPay-ke-DANA

Kamu juga bisa melakukan sebaliknya, yaitu transfer GoPay ke DANA. Namun ingat, agar bisa transfer dari GoPay ke DANA atau dompet digital lainnya, kamu juga harus sudah upgrade akun GoPay ke premium.

Jika memang sudah upgrade akun GoPay, berikut bisa kamu cek cara transfer uang dari GoPay ke DANA :

  • Pertama, buka aplikasi GoJek.
  • Selanjutnya klik menu Lainnya dan pilih menu Tarik.
  • Kemudian klik Tambahkan Bank, dan masukkan bank tujuan.
  • Selanjutnya masukkan kode dari bank tersebut.
  • Lalu isi nama pemilik rekening, jangan lupa untuk menyesuaikan dengan nama akun DANA yang akan ditransfer.
  • Selanjutnya masukkan nomor Virtual Account dari akun DANA tujuan.
  • Lalu klik centang dan pilih Simpan.
  • Selanjutnya masukkan nominal yang akan dikirim, dan klik Tarik.
  • Selanjutnya akan muncul halaman konfirmasi, silakan klik Konfirmasi untuk menyetujuinya.
  • Terakhir masukkan PIN GoPay untuk melakukan transaksi tersebut.

Cara transfer DANA ke GoPay atau sebaliknya sangat mudah, yang penting kamu telah memenuhi syaratnya terlebih dahulu. Dengan fitur transfer ini, kamu tidak perlu bingung lagi ketika harus mengirim uang ke dompet digital lain seperti GoPay.

 

Lihat Juga :



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *